Sejarah Diapers

Zaman Doeloe (ancient times) let say before 1800’s:

Orang tua pada masa itu harus kreatif menggunakan segala macam bahan yang ada. Mulai dari pembungkus dari daun milkweed, kulit binatang dan bahan dari sumber daya alam lainnya. Dalam masyarakat Eropa, bayi dibungkus dengan ‘swaddling band’ / lilitan kain bedong. Swaddling bands ini terbuat helaian linen atau wool yang dililitkan pada tungkai dan lengan lalu disilangkan ke sekujur tubuh. Suku Innuit di Alaska menggunakan kulit anjing laut.

Yang sedang ‘in: kulit anjing laut, kulit kelinci, daun milkweed, swaddling bands.

1800’s :

Linen, katun flannel atau stockinet dilipat menjadi bentuk persegi dan dipasangkan pada bayi menggunakan pin/peniti.

Yang sedang in: Linen dan cotton.

Awal 1900’s:

Cloth diaper masih jadi satu-satunya pilihan. Selama Perang Dunia II, jasa pencucian diaper (diaper service) mulai bermunculan.

Yang sedang ‘in: popok katun tradisional (cotton flats) dari diaper service yang diantarkan clean and fresh di depan pintu Anda.

Pertengahan 1900’s:

Tahun 1942, pad penyerap disposable pertama dibuat dengan menggunakan bahan isu selulosa tanpa pemutih yang dipasangkan dalam celana karet. Dibuat oleh Paulistorm asal Swedia. Bahan kain masih banyak digunakan, dan pada tahun 1946 sorang wanita bernama Marion Donovan menemukan ‘Boater’ penutup tahan air (water-proof cover) untuk cloth diaper. Model disposable diaper pertamanya adalah popok kain konvensional yang dimasukkan dalam plastik untuk tirai kamar mandi. Marion mendapat 4 paten untuk desainnya. Termasuk untuk plastic snap sebagai pengganti pin yang dinilai kurang aman. Pada 1950, Safe-T Di-Dee diaper ditemukan. Diaper ini merupakan diaper pertama yang pinless (tanpa peniti) dan menggunakan sistem snap/ kancing.

Yang sedang ‘in: Muncul pilihan baru selain cloth diaper: disposable diapers.

1960’s-1980’s :

Disposable diaper/ popok sekali pakai/pospak berevolusi sangat cepat. Sebagai ganti tissue, bahan pulp mill mulai digunakan. Serat selulosa yang menggantikan bahan kertas memperbaiki kinerja pospak. Di tahun 80-an, cloth diaper cover merk Nikki dan flat diaper merk Curity digunakan beberapa orang.

Yang sedang ‘in: disposable diapers.

1991-1995:

Perbaikan kinerja disposable diapers meningkat pesat dalam tahun-tahun ini. Tapi pada awal 90-an, pengguna clodi mulai mengemukakan dampak lingkungan terkait penggunaan disposable diapers. Akhirnya clodi mulai booming lagi. Perusahaan Motherease terbentuk dan mulai menjual clodi ke Kanada dan Amerika Serikat.

Yang sedang ‘in: Mayoritas orang menggunakan disposable diaper tapi clodi mulai kembali ke pasaran. Clodi memulai ‘big comeback’ nya.

1997:

Catherine McDiarmid memulai BornToLove.com. Sebuah website asal Kanada yang menerbitkan dan memuat banyak artikel tentang clodi. Website ini tetap jadi rujukan terpercaya hingga saat ini.

Yang sedang ‘in: Simple fitted dan prefold diaper.

1999 & 2000:

Pada 1999, Poochies™, HoneyBoy™, and Cuddlebuns™ mulai populer. Bahkan HoneyBoy dapat menjual sampai dengan harga 200 dollar per diapers dalam lelang. Kissaluvs juga memulai penjualan fitted dan contour diaper secara online. Tahun-tahun ini juga menunjukkan peningkatan luar biasa jumlah ibu yang menjahit sendiri clodi untuk anak mereka.

Yang sedang ‘in: HoneyBoys, Cuddlebuns, SOS, Manyducks.

2000- till now:

Berbagai merk clodi mulai bermunculan di AS dan Kanada. Antara tahun 2000-2003 populer istilah ‘Hyena diapers’ untuk menyebut clodi kualitas bagus yang paling diburu para ibu dengan segarang hyena. Mereka rela membayar mahal untuk mendapat clodi yang mereka inginkan. Tahun 2004 terjadi pertumbuhan besar-besaran komunitas Cloth Diapering. Banyak bisnis pembuatan clodi skala kecil bermunculan dari para WAHM (Work At Home Mom). Online forum yang membahas Cloth Diapering mulai banyak terbentuk. Tahun 2006 bahkan bisa disebut sebagai tahunnya Cloth Diaper di AS. Tahun 2000 muncul The Diaper Pin. Website yang memuat banyak artikel tentang cloth diapers. Di sini juga dimuat aneka review berbagai merk cloth diaper.

Disarikan dari artikel Diaper History Timeline di www.diaperjungle.com

About Baby-Oz Corner

an online shop
This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Sejarah Diapers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s