KENAPA PILIH CLODY?

Mengapa memilih popok-kain-modern untuk bayi kesayangan Anda?

1. Bayi yang memakai popok-kain-modern memiliki resiko ruam popok yang lebih rendah.

Apakah Anda terkejut? Ini adalah fakta. Popok-kain telah terbukti oleh waktu di dalam mengurangi resiko ruam popok. Ini juga telah diverifikasi oleh Procter & Gamble yang melakukan riset penelitian dimana menunjukkan penggunaan popok-sekali-pakai dapat meningkatkan frekuensi ruam popok dari 7,1% menjadi 61%.

Ruam popok disebabkan oleh kelembaban berlebihan yang terlalu lama dan juga dikombinasikan dengan gesekan, bakteri dan air seni. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, popok-sekali-pakai semakin berdaya serap tinggi (efek dari bahan kimia Sodium Polyacrylate). Ini membuat para orang tua semakin “malas” mengganti popok anaknya yang seharusnya diganti setiap beberapa jam. Bahan kimia tersebut juga menghisap kelembaban alami dari kulit bayi secara berlebihan dan ini mengakibatkan iritasi.

Cara terbaik untuk mencegah resiko ruam popok adalah sesering mungkin mengganti popok, baik popok-kain maupun popok-sekali-pakai. Walaupun kita sebagai para orang tua mengira popok-sekali-pakai masih dapat menampung air seni untuk beberapa jam kedepan, harap diingat air seni dan bakteri sudah lama menempel di bokong bayi Anda.

2. Popok-kain-modern tidak menggunakan bahan kimia

Apakah Anda pernah memikirkan bahan apa saja yang digunakan sehingga popok-sekali-pakai sangat berdaya serap tinggi? Jika bayi Anda pernah menggunakannya, Anda mungkin pernah melihat butiran gel yang melekat pada alat kelamin bayi Anda. Itu adalah bahan kimia yang mengandung Sodium Polyacrylate, yang dapat menyerap sampai dengan 100 kali lipat dari berat aslinya. Sodium Polyacrylate adalah bahan kimia yang telah tidak digunakan dari “tampons” sejak tahun 1985 karena terkait dengan gejala keracunan. Sampai sekarang tidak ada riset penelitian untuk mempelajari efek jangka panjang dari bahan kimia ini jika melekat dengan organ reproduksi bayi 24 jam sehari selama lebih dari 2 tahun.

Ada lagi yang harus diperhatikan secara serius oleh semua orang tua adalah bahan kimia beracun lainnya di popok-sekali-pakai. Dioxin, yang dalam berbagai bentuk telah dikaitkan bisa menyebabkan kanker, cacat lahir, kerusakan hati, dan penyakit kulit. Ini merupakan efek samping dari pemutihan kertas yang digunakan dalam memproduksi popok-sekali-pakai. Dioxin terdaftar oleh EPA sebagai bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu popok-sekali-pakai juga mengandung Tributyl-tin (TBT) – bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan masalah hormonal pada manusia.

Sebaliknya, popok-kain-modern BEBAS dari segala bahan kimia yang terkandung dalam popok-sekali-pakai

3. Popok-kain-modern adalah produk ramah lingkungan.

Popok-sekali-pakai merupakan sumber sampah terbesar ketiga di tempat pembuangan sampah, setelah surat kabar dan tempat makanan dan minuman. Ini adalah fakta yang cukup menggegerkan, mengingat mereka adalah produk yang sama (sekali pakai), yang digunakan oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Bayi-bayi yang memakai popok-sekali-pakai rata-rata menghasilkan 2 ton sampah beracun yang tidak akan terurai dalam waktu yang lama. Supaya popok tersebut bisa terurai, mereka harus terkena cahaya matahari dan udara. Apakah hal ini mungkin terjadi? Diperkirakan dibutuhkan waktu setidaknya 500 tahun supaya penguraian ini terjadi. Bahkan ada bagian plastik dari popok-sekali-pakai yang tidak akan pernah terurai. Jadi, ketika Anda membuang dengan gampangnya popok-sekali-pakai, bolehlah terlintas di pikiran Anda bahwa popok tersebut mungkin masih terdapat di tempat sampah dan ini akan menjadi masalah yang harus dihadapi oleh anak cucu kita.

Meminjam pepatah lama, “kita tidak mewariskan bumi ini kepada anak cucu kita, melainkan kita hanyalah meminjam bumi ini dari mereka”.

4. Popok-kain-modern dapat melatih bayi Anda lebih awal untuk ke WC dengan sendirinya.

Salah satu fakta lainnya adalah bayi yang memakai popok-kain-modern dapat lebih awal ke WC dengan sendirinya. Ini karena ketika popok-kain-modern basah, mereka dapat merasakan sensasinya. Sedangkan popok-sekali-pakai yang berbahan kimia tetap terasa kering, jadi bayi Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk mengerti dan merasakan apa yang dilalui oleh badan mereka.

5. Popok-kain-modern lebih ekonomis, dihitung dari segala cara.

Siapa yang tidak suka dengan ide menghemat uang? Biasanya ketika si bayi sudah bisa ke WC dengan sendirinya, ia akan telah memakai paling tidak 5.475 (5 helai x 365 hari x 3 tahun) popok-sekali-pakai. Harga popok-sekali-pakai adalah Rp.2.000/helai, maka total biaya yang dihabiskan untuk anak tersebut Rp.10.950.000/anak. Sedangkan harga popok-kain-modern hanyalah 10% (perhitungan 12 set popok-kain-modern) dari itu DAN popok-kain-modern juga dapat digunakan oleh adik-adik dari si bayi di kemudian hari, jika dirawat dengan baik dan benar.

Biaya popok-sekali-pakai biasanya tersembunyi di bawah tagihan harian. Sedangkan biaya popok-kain-modern mungkin agak menakutkan di awal pembelian. Tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk mengkalkulasi biaya yang sebenarnya, Anda akan terkejut betapa banyaknya uang yang Anda buang ke tempat sampah hanya dengan membeli popok-sekali-pakai.

6. Popok-kain-modern sangat mudah digunakan.

Di jaman ibu kita, mereka harus menggunakan pin, celana dan waktu untuk melipat sehelai kain menjadi popok kain. Sekarang dengan Popok Kain Modern, sistem popok kain benar-benar secepat dan seefisien menggunakan popok-sekali-pakai.

7. Popok-kain-modern lebih nyaman bagi bayi kita.

Popok-kain-modern akan selalu berhawa sejuk meski dalam cuaca yang sangat panas. Ada banyak masukan bahwa balita yang besar dengan memakai popok-kain-modern menolak untuk memakai popok-sekali-pakai. Adalah fakta bahwa kain selalu lebih lembut dari kertas. Kalau sebaliknya, bukankah kita semua sedang memakai celana dalam kertas?

8. Popok-kain-modern sangatlah mudah untuk dicuci.

Saya tahu ibu yang baru ingin menggunakan popok kain akan merasa jijik untuk mencuci popok kain yang kotor. Dengan popok-kain-modern, proses pencucian menjadi sangat mudah. Kotoran anak dapat ditampung dengan “nappy liner” yang biasanya dibuang saja ke tempat sampah. Bilas popok kain modern dan insert-nya (dapat menambahkan sedikit handsoap) dengan air bersih. Atau kamu juga bisa mencucinya dengan mesin cuci yang dicampur dengan pakaian lainnya. Sangat gampang kan?

9. Popok-kain-modern membuat bayi Anda tampil beda dari yang lain.

Tunjukkan kasih sayang Anda kepada bayi Anda dengan memberikan segala yang terbaik termasuk cara Anda mempopokinya. Sayangi bayi Anda dan selamatkan bumi ini juga!

Popok kain modern memiliki banyak corak dan warna. Para ibu sekalian bisa dengan gampang mix-and-match dengan baju atasan saja. Sedangkan popok-sekali-pakai biasanya hanya datang dengan satu warna saja dan kita masih harus memakaikan celana dalam lagi. Juga sangatlah menarik untuk berbagi cerita mengenai kehebatan popok-kain-modern dengan ibu-ibu lainnya.

Referensi

(1) “Everything you ever wanted to know about cloth diapering” (www.earthbaby.com)

(2) Sanders, Heather ” Diaper Drama” (www.diapershop.com)

(3) McConnell, Jane. “The Joy of Cloth Diapers.”

(4) Caldwell, Ginny. “Diapers. Disposable or Cotton?,” Eco-Baby Catalogue (www.ecobaby.com).

(5) Allison, Cathy. “Disposable Diapers: Potential Health Hazards.,” referring to: Hicks, R et al. “Characterization of toxicity involving hemorrhage and cardiovascular failure, caused by parenteral administration of a soluble polyacrylate in the rat,” J Appl. Toxicol. 1989 June; 9(3): 191-8.

(6) Peggy’s Diapers, Slings N’ Things, (www.peggysdiapers.com).

(7) “Why Cloth Diapers?,” (www.diapersafari.com).

(8) EPA documents: “Positive Steps Towards Waste Reduction”, and “Integrated Risk Assessment for Dioxins and Furans from Chlorine Bleaching in Pulp and Paper Mills”

(9) The Top Ten Reasons To Cloth Diaper by Susan K. Dodge-Doak

(10) The top ten myths about cloth nappies (http://www.snazzipants.co.nz/)

About Baby-Oz Corner

an online shop
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to KENAPA PILIH CLODY?

  1. afwan bisa minta daftar harga buat agen

  2. nyun says:

    kalo mau pesen gmana caranya,,?

  3. Bagaimana caranya utk menjadi reseller Clody? Tks utk tanggapannya. Salam twitter @yukitasehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s