PERTANYAAN-PERTANYAAN SEPUTAR CLODY

What? Why? How?
Berikut pertanyaan yang mungkin ada di benak Mom tentang cloth diapers. Semoga Mom makin paham tentang cloth diapers selesai membaca tulisan berikut. ^_^

1. Apakah keuntungan menggunakan coth diapers?

Ada tiga manfaat dalam menggunakan cloth diapers, yaitu cloth diapers lebih ramah di “kantong” Mom karena menggunakan cloth diapers berarti Mom sudah berinvestasi jangka panjang; cloth diapers lebih ramah lingkungan karena reusable, mengurangi jumlah sampah dibandingkan dengan pemakaian popok sekali pakai; cloth diapers aman di kulit bayi karena tidak mengandung bahan kimia.

2. Apakah menggunakan cloth diapers berarti menambah pekerjaan dibandingkan dengan penggunaan disposal diaper yang langsung dibuang?

Memang benar dengan menggunakan cloth diapers berarti ada pekerjaan tambahan. Tetapi jika dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh, tentunya hal ini tidak merugikan Mom. Volume cucian yang bertambah pun tidak signifikan. Ingat, Mom.. apapun yang kita beli dan kita pakai pasti ada konsekuensinya. Tinggal kita memilih mana produk yang memiliki konsekuensi paling kecil dan banyak membawa manfaat. Bukan begitu, Mom..? ^_^


3. Berapa sering cloth diapers harus diganti?

Penggunaan cloth diapers tidak jauh berbeda dengan penggunaan disposal diapers, jika bayi tidak pup, Mom bisa mengganti cloth diapers setiap 3-4 jam, kecuali jika bayi sering pipis dan lapisan penyerap sudah jenuh air.

4. Apakah penggunaan cloth diapers dapat menyebabkan ruam popok?

Mom, peluang terjadinya ruam popok akibat cloth diapers sangat kecil. Pertama karena cloth diapers tdk mengandung bhn kimia, dan kedua karena lapisan inner cloth diapers yg bergesekan langsung dengan baby’s bum adalah bahan yg lembut.

Jika selama ini si kecil sering ruam popok saat memakai disposal diapers, cobalah Mom beralih ke cloth diapers. Sebagai ibu, kita pasti ingin yg terbaik untuk si buah hati kan, Mom.. ^_^

5. Berapa banyak cloth diapers yang diperlukan?

Untuk newborn, disarankan untuk mempunyai 12-15 cloth diapers, dengan asumsi dalam sehari newborn memakai cloth diapers 6-8 kali akibat intensitas pup yang masih sering. Dengan persediaan sejumlah tersebut, Mom masih punya cadangan untuk hari berikutnya.

Untuk bayi usia sekitar 4 bulan atau lebih dari 6 kg, Mom bisa mengurangi jumlah cloth diapers menjadi minimal 8 buah, dengan asumsi pemakaian sehari adalah 4 buah cloth diapers dan Mom punya persediaan untuk 2 hari.

Jika Mom merasa berat untuk membeli cloth diapers dalam sekali pembelian, belilah secara bertahap dan kombinasikan penggunaan cloth diapers dan disposal diapers terlebih dahulu. Setidaknya kombinasi ini mengurangi resiko pemakaian disposal diapers. Jika jumlah cloth diapers yang dimiliki dirasa cukup untuk penggunaan 2-3 hari, maka lepaslah penggunaan disposal diapers dan beralihlah ke cloth diapers sepenuhnya.

6. Apakah bayi bisa menggunakan cloth diapers jika bepergian keluar?

Tentu bisa, Mom.. tapi memang memerlukan aksesoris tambahan, seperti wetbag untuk menyimpan cloth diapers yang basah, dan nappy liner, atau lapisan tambahan, yang bisa langsung dibuang jika bayi pup. CDA Shop juga menyediakan aksesoris tambahan seperti yang dimaksud.

7. Bukankah mencuci cloth diapers berarti menggunakan banyak air, listrik dan tentunya menghasilkan limbah air cucian?

Memang benar, Mom.. mencuci cloth diapers membutuhkan air dan deterjen, dan pastinya akan menimbulkan limbah cucian terhadap lingkungan. Tapi Mom perlu tahu, bahwa limbah yang dihasilkan oleh disposal diapers jauh lebih besar jika dibandingkan dengan limbah yang dihasilkan oleh coth diapers.

8. Berapa lama cloth diapers layak pakai, dan apakah bisa diwariskan ke bayi lainnya?

Berapa lama masa pakai cloth diapers tergantung berbagai factor, terutama wash and care. Pertanyaan ini akan sama dengan “Berapa lama sebuah baju yang kita beli layak pakai?”. Jawabannya tentu bisa beberapa bulan bagi satu orang dan bisa 1-2 tahun bagi yang lain. Tidak ada jawaban yang konkrit akan hal ini.

Mom yang mempunyai 10-15 cloth diapers biasanya akan lebih lama masa awetnya jika dibandingkan dengan Mom yang mempunyai 5 cloth diapers, karena frekuensi pencucian cloth diapers milik Mom yang pertama akan lebih sedikit dibandingkan dengan Mom kedua yang dipastikan akan lebih sering mencuci akibat tidak ada persediaan cloth diapers yang mencukupi.

Semakin sering satu jenis bahan dicuci, maka semakin cepat kerusakan yang terjadi.

9. Apakah bayi laki-laki yang sering memakai disposal diapers akan mempunyai masalah fertilitas?

Jawaban atas pertanyaan ini sedikit kontroversial, tetapi sebuah studi di Jerman mengindikasikan jika bayi dan anak laki-laki sering memakai disposal diapers, temperature skrotum akan meningkat dibandingkan jika mereka memakai cloth diapers. Penelitian tersebut mengklaim bahwa peningkatan suhu tersebut dapat menyebabkan perubahan pada tubuh yang berpengaruh pada produksi sperma dan bahkan mungkin menyebabkan resiko kanker prostat.

Source: www.bumwear.com

Semoga bermanfaat ^^

About Baby-Oz Corner

an online shop
This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to PERTANYAAN-PERTANYAAN SEPUTAR CLODY

  1. RERY says:

    apakah cloth deapers dapat menyebahkan kaki anak berbentuk O (org jawa bilang mekeh2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s